Kamis, 28 Februari 2019

Aneka Kerupuk Yang Unik & Gurih

JEJAK KULINER & WISATA UNIK



Jejak Kuliner - Bagi orang Indonesia, menyantap makanan terasa kurang jika belum ditemani kerupuk. Makanan ringan yang terbuat dari tepung tapioka dengan perasa dari udang atau ikan ini memiliki tekstur renyah. Sangat pas sebagai lauk pendamping. Namun, siapa sangka jika jenisnya cukup banyak. Bahkan tiap daerah memiliki keunikan tersendiri. Penasaran dengan kerupuk khas Indonesia ini kan? Yuk, intip rangkumannya berikut.



1. Kerupuk Jangek, Padang





jejak kuliner
Kerupuk Jangek

Kuliner khas Padang tak hanya rendang saja. Masih banyak makanan enak yang bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satunya kerupuk jangek yang renyah dan kriuk-kriuk. Bahan utama makanan ringan ini terbuat dari kulit yang mengandung protein, serat, serta vitamin. Selain dijadikan camilan, kerupuk ini paling enak disantap dengan nasi serta lauk sambal goreng kentang. Soal rasa, tak diragukan lagi.


2. Kerupuk Melarat, Cirebon





Kerupuk Melarat



Jalan-jalan ke Cirebon, terasa kurang jika belum berburu oleh-olehnya. Tak perlu mahal, beli kerupuk melarat pun bikin orang rumah sumringah. Seunik namanya, kerupuk ini memiliki bentuk menyerupai tali rafia yang tak beraturan. Warnanya beragam, dari merah muda, kuning, putih, hingga hijau. Keunikan lain dari makanan ini adalah cara memasaknya yang digoreng tanpa minyak, tapi memakai pasir khusus. Sudah pernah coba belum?

3. Kerupuk Gendar, Solo






Kerupuk Gendar
Kerupuk Gendar

Kota Solo memiliki banyak kuliner tradisional yang hingga kini masih terjaga dari kepunahan. Salah satunya kerupuk gendar yang terbuat dari adonan nasi dengan bumbu rempah serta penambah rasa. Beberapa orang juga menambah tepung tapioka agar adonannya lebih kenyal dan padat. Proses memasaknya juga mudah, yaitu digoreng kering. Selain dijadikan lauk pendamping, makanan ringan ini sering dijadikan camilan.

4. Kerupuk Gonggong, Riau






    Kerupuk Gonggong 

Pernah dengar nama kerupuk gonggong? Jajanan ini sebenarnya khas Tanjung Pinang dan sangat difavoritkan oleh banyak orang. Teksturnya renyah dengan gurih yang pas banget di lidah orang Indonesia. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ringan ini adalah siput yang diolah. Saat ini, kerupuk gonggong sudah banyak dikemas dalam kantong plastik. Rupanya juga rapi dan praktis untuk dibawa pulang.

5. Rengginang Lorjuk, Madura






   Rengginang Lorjuk

Siapa yang tak kenal dengan camilan lezat ini. Rengginang merupakan kuliner khas Madura yang terbuat dari beras ketan. Bentuknya unik menyerupai mangkuk dengan ukuran kecil. Sementara di atasnya ditaburi kerang bambu atau dalam bahasa Madura disebut lorjuk. Rasa dari jajanan ini sangat gurih. Biasanya bukan dijadikan sebagai lauk pendamping, tapi camilan wajib di sore hari.
6. Kerupuk Emping (Kerupuk Melinjo)
jejak kuliner
Kerupuk Emping
Kerupuk emping atau kerupuk melinjo dimakan dengan cara berbeda-beda di berbagai daerah. Ada yang dimakan langsung sebagai camilan, dijadikan topping rawon, hingga pelengkap coto Makassar.
7. Kerupuk Putih
jejak kuliner
Kerupuk Putih
Ini dia jenis kerupuk yang paling umum di Indonesia. Mayoritas warung makan menyediakan kerupuk putih keriting ini di dalam kaleng besi yang khas. Dijamin, kamu gak akan menemukan tempat kerupuk serupa di belahan dunia manapun.


Baca Juga : Konsultan dan Jasa Seo di Indonesia
Nah, itulah dia lima kerupuk khas Indonesia yang memiliki rasa istimewa. Rasanya gurih dengan tekstur renyah yang bikin nagih. Bagaimana, kerupuk mana yang paling kamu suka?