Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Terkenal Murah dan Enak | Jejak Kuliner Unik & Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Terkenal Murah dan Enak | Jejak Kuliner Unik & Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Terkenal Murah dan Enak - Jejak Kuliner Unik & Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com

Breaking

Senin, 30 Oktober 2017

Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Terkenal Murah dan Enak

KULINER Dan WISATA




Kota Semarang terkenal dengan banyaknya sungai yang tersebar sehingga kerap dijuluki venesia nya Indonesia. Sebagai ibu kota Jawa Tengah dan termasuk lima kota metropolitan terbesar di Indonesia, semarang menyimpan banyak tempat wisata kuliner yang wajib untuk dikunjungi para pecinta kuliner. Terdapat jejeran makanan  dan minuman khas kota Semarang, oleh-oleh dan jajanan pun beragam siap untuk di nikmati. 
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Bandeng Presto
Bandeng Presto Juwana, dimana toko ini selain yang pertama kali mengenakan bandeng presto di semarang juga menjadi toko bandeng presto paling terkenal di Semarang. Harga Bandeng Presto berisi ikan sekitar 3-4 ekor dengan massa 1 kg ini di bandrol Rp. 160.000 sampai Rp. 180.000. Banyak cabang toko Bandeng Presto Juwana yang tersebar, salah satunya yang beralamat di Jalan. Pandanaran No. 57 Semarang. Buka setiap hari pukul 07.00 sampai 23.00.
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Tahu Pong
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Soto Bangkong
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Mie Kopyok
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarnag Tahu Gimbal
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Wedang Tahu
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Kue Lekker
Kue Lekker Paimo
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Asem Asem
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Lumpia
Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Paling Terkenal Murah dan Enak
Kuliner Semarang Pisang Plenet


Dari mulai yang terkenal seperti tahu pong dan lumpia dan yang unik dan khas hanya ada di semarang. Apa saja yang bisa anda cicipi ketika berwisata kuliner di kota Semarang? Berikut ini akan kami berikan beberapa  rekomendasi kami untuk anda.

Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang di bumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam, ikan bandeng lalu dimasak pada alas daun pisang dengan cara Dikukus menggunakan panci bertekanan tinggi atau presto. Bandeng presto dibuat pertamakali pada tahun 1977 oleh Hanna Budimulya yang berasal dari Pati, nama daerah di Pati yaitu ‘Juwana’ yang di jadikan asal muasal nama 

Jajanan Semarang yang tak boleh Terlewatkan salah satunya adalah tahu pong. Tahu pong berasal dari bahasa cina Hokkien yang berarti mengembang dan dalam bahasa jawa pong juga berarti kosong, dari namanya bisa ditebak bahwa tahu ini mengembang dan kosong didalamnya. Konon, Tahu pong paling nikmat di cool sambal petir saat hangat. Warung Tahu Pong yang cukup terkenal di Semarang yaitu Tahu Pong Gajahmada, karena berada di Jalan Gajahmada , harga Tahu Pong cukup terjangkau berkisar Rp. 8000 sampai Rp. 14.000 tergantung komposisinya.

Tak lengkap rasanya ke suatu tempat kalau tidak menikmati soto khas dari wilayah tersebut. Di Semarang, ada rumah makan terkenal bernama Soto Bangkong yang menyajikan soto sebagai menu utamanya. Dinamakan bangkong karena nama tempat didirikannya rumah makan ini tepat di perempatan Bangkong. Soto bangkong yang sudah ada sejak tahun 1950 ini memiliki kuah yang khas yaitu bening agak kecoklatan karena diberi tambahan kecap. Satu porsi soto Bangkong berisi nasi yang di pisah, suwiran daging ayam, bihun, tauge, irisan tomat, taburan bawang putih dan bawang merah, menikmatinya bisa menggunakan lauk seperti tempe, tahu, perkedel, sate kerang, sate telur puyuh, dan lainnya. Dibandrol dengan harga kisaran Rp. 13.000 per-porsi, sedangkan untuk lauk yang lain seperti perkedel Rp. 3000, sate kerang, sate telur puyuh Rp. 4000 per tusuk. Di rumah makan ini tak hanya soto yang di sediakan, ada makanan lainnya seperti Garang Asem, Ayam Goreng. Buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai 22.00. Beralamat di Ruko Bangkong Plaza Blok A/1, Jalan Brigjen Katamso, Semarang.
Sepintas mie kopyok mirip dengan mie kocok asal bandung, akan tetapi berbeda karena mie kopyok tidak memakai daging seperti mie kocok yang memakai kikil. Mie kopyok berisikan mie, potongan lontong,irisan tahu pong, tauge, irisan daun seledri, taburan bawang goreng serta tambahan kerupuk gendar lalu disiram kuah kaldu rempah ini sangat cocok untuk anda yang vegetarian karena tanpa daging. Warung Mie kopyok paling terkenal adalah Mie kopyok pak dhuwur, yang beralamat di Jalan Tanjung No. 18A Sekayu. Semarang tengah. Buka setiap hari jam 08.00 sampai 16.00. dengan harga Rp. 12.000 per-porsi, ada pula ukuran jumbo Rp. 15.000 per-porsi.


Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang berupa tahu goreng dengan  irisan kol, potongan lontong,  telur, tauge, dan gimbal yaitu sebutan untuk udang yang digoreng dengan tepung. Campuran tersebut disiram saus kacang yang menggunakan petis udang. Tahu gimbal yang terkenal salah satunya yaitu warung tahu gimbal H Edy yang sudah buka selama lebih dari 30 tahun, berlokasi di dekat Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran II, tepat di depan Departemen Sosial Semarang. Warung yang buka setiap hari pada jam 16.00 sampai 00.30 ini dibanderol Rp. 16.000 per-porsi.

Ada kesamaan rasa kuah antara wedang tahu dan wedang ronde, hanya saja wedang ronde memiliki komposisi bahan yang beragam sehingga penuh warna sedangkan wedang tahu hanya satu warna saja. Wedang tahu terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan air garam, bubuk agar-agar yang dimasak sehingga menjadi kembang tahu, lalu dituangi kuah jahe yang terbuat dari campuran jahe, gula merah, gula pasir, daun pandan, daun jeruk kayu manis, cengkeh, dan garam, lalu direbus. Rasa hangat dari kuah campuran jahe berada dengan kembang tahu yang lembut menjadi perpaduan pas yang harus dicicipi jika anda berwisata kuliner ke semarang. Banyak pedagang wedang tahu yang berjualan di semarang namun salah satu yang bisa anda coba ada di warung wedang tahu Pak Amad
Warung lesehan yang berada di samping Nasmoco Gombel, tepatnya di Jalan Bukit Raya. Warung lesehan ini buka dari jam 5 sore hingga 10 malam. Seporsi wedang tahu yang manis dan hangat dibandrol rata-rata 5000 rupiah per porsinya.

Makanan yang sekilas berbentuk seperti martabak ini sangat pas untuk di coba. Bedanya, kue lekker yang dalam bahasa belanda artinya enak ini mempunyai kulit yang lebih tipis dan lebih renyah dengan berbagai macam rasa. Penjual yang memepopulerkan kue leker sebagai makanan wajib coba di semarang adalah 

Kue Lekker Paimo yang beralamat di Jalan Karanganyar, Semarang, depan SMA Kolese Loyola menawarkan kue leker lezat dengan berbagai toping rasa seperti coklat, keju, pisang coklat, tuna, sosis keju dan yang kekinian seperti ovomaltine, greentea dan mozarella. Karena harganya yang murah tidak sampai 5000 rupiah untuk toping sederhana dan 15 ribu rupiah untuk toping yang "istimewa" kamu harus rela antri lama untuk mendapatkan kue leker yang enak ini.

Asem-asem ala Koh Liem adalah sebuah masakan daging sapi yang di potong kotak-kotak kemudian di campur ke dalam kuah asam manis. Tempat makan yang Buka pada pukul 08.00 sampai selesai ini tak hanya menyajikan asem-asem saja, tetapi ada beberapa menu lainnya seperti capcay, nasi campur, ayam goreng dan lainnya. Untuk anda yang beragama muslim sebaiknya lebih berhati-hati untuk memilih makanan, sebab ada menu berbahan babi dan kodok seperti hal nya tempat makan chinesse food pada umumnya. Harga seporsi Asem-asem Koh Liem berkisar Rp. 25.000. Beralamat di Jalan Karanganyar 28/C-4, Genuk. Ruko baru Semarang.
Belum ke semarang kalau tidak merasakan lumpia. Tersebar banyak tempat yang menjual lumpia, akan tetapi lumpia gang Lombok  digadang gadang adalah yang tertua dan paling terkenal di semarang. Warung lumpia gang Lombok beralamat di Gang Lombok no. 11, Purwodinatan, dekat Klenteng Tay Kak Sie, sekitaran Pasar Johar, Semarang. Anda harus conba perpaduan kulit lumpia yang lembut dan isiannya yang padat seperti rebung muda, udang dan telur disajikan dengan saus yang terbuat dari gula merah dan tepung pati serta daun bawang terasa pas di mulut. Ada dua jenis lumpia yang di jajakan yaitu lumpia basah dan goreng. Warung lumpia ini Buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00, dengan harga satu buah lumpia Rp. 12.000.



Dalam bahasa jawa plenet atau penyet adalah ditekan. Pisang kepok raja yang sudah benar-benar matang kemudian dibakar hingga matang kecoklatan lalu diplenet menggunakan sejenis talenan kayu kecil yang sudah diolesi margarin kemudian pisang tersebut diberi toping sesuai selera seperti coklat, keju, selai nanas, selai strowberi dan lainnya. Anda dapat menemukan pisang planet ini di Jalan Gajahmada, Semarang. Dengan harga Rp. 6000 per-porsi.

Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Terkenal Murah dan Enak 3.5 andrianiannisa17 Aneka Tempat Wisata Kuliner Semarang Terkenal Murah dan Enak