10 Kuliner Khas Jombang Dan Oleh-Oleh | Jejak Kuliner Unik & Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com 10 Kuliner Khas Jombang Dan Oleh-Oleh - Jejak Kuliner Unik & Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com

Jejak Kuliner dan Wisata | @ Idoreg.Com

Breaking

Kamis, 30 Agustus 2018

10 Kuliner Khas Jombang Dan Oleh-Oleh

JEJAK KULINER Dan WISATA


Jika berkunjung ke suatu daerah tentu yang paling diutamakan adalah mengetahui masakan atau kulinernya yang khas dari daerah tersebut. Setelah itu mengetahui tempat tempat wisatanya yang unik dan terkenal,tapi saat kita hanya membahas kulinernya saja jika anda berkunjung ke Daerah Jombang -Jawa Timur.Sebagai tambahan data jejak kuliner anda

Makanan khas Jombang memang harus diketahui terlebih dahulu. Apabila Anda ingin berkunjung ke sana. Sehingga dengan pengetahuan ini diharapkan Anda tidak akan bingung jika ingin membeli oleh-oleh.Dan memilih menu makanan selama berada disana,ada beberapa menu makanan yang bisa anda coba selama disana.  Nah ini ada 10 menu kuliner dan oleh-oleh yang khas di Jombang.

1. Ketan Merdeka


Ketan Merdeka
Ketan merdeka ini memiliki warna yang banyak sekali jenisnya. Ada ketan hitam, ketan putih dan masih banyak lainnya. Sehingga apabila Anda berkunjung ke Jombang dan saat pagi hari ingin mendapatkan asupan karbohidrat yang sehat bisa menyantap ketan ini. Bukan dari pagi dan jam tujuh pagi sudah habis.

2. Sop Buntut Bakar


Sop Buntut Bakar
Nama yang unik membuat siapapun yang datang ke Jombang ingin menikmatinya. Jenis sop ini bisa menjadi pilihan menu makan siang Anda selama berada di Jombang. Sehingga segera coba dan nikmati karena rasanya sangat lezat. Akan lebih nikmat apabila ditemani dengan nasi hangat.

3. Tahu Pong Gloria


Tahu Pong Gloria
Tahu pong ini menjadi makanan khas Jombang yang bisa menjadi oleh-oleh untuk orang tercinta. Untuk mengkonsumsinya bisa ditambahkan dengan saus cabe atau cabe mentah dan juga teh hangat. Rasa dari tahu ini enak, gurih dan juga memiliki tekstur yang renyah. Sehingga Anda bisa mengkonsumsinya saat hangat. Dengan demikian akan membantu dalam membangkitkan selera makan yang dimiliki.

4. Kue Jenang Kupas


Kue Jenang Kupas
Jika di daerah lain hampir sama dengan jenang dodol. Maka kue jenang kupas ini juga ada di Jombang. Rasa yang legit, manis dan enak ini membuat Anda tak cukup jika menyantapnya hanya satu kali saja. Untuk mendapatkan kue ini sangat mudah hanya dengan berkunjung ke pasar tradiional yang ada di sana Anda akan dengan mudah menemukan kue ini.

5. Donat Kampung Utami


Donat Kampung Utami
Untuk oleh-oleh Anda juga bisa membeli donat kampung Utami yang memiliki rasa yang khas. Rasa yang ditawarkan adalah manis dan juga lembut saat menyantapnya. Anda bisa membeli kue ini untuk diberikan kepada orang yang Anda sayangi di rumah.

6. Kikil Jombrangan


Kikil Jombrangan
Anda tentu saja mengetahui mengenai kikil itu sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahui bahwa kikil adalah makanan yang berasal dari kulit pada bagian kaki kerbau atau pun sapi. Untuk mendapatkan rasa yang enak dan khas memang membutuhkan waktu memasak yang sangat lama.
Ditambahkan dengan banyak bumbu dan santan juga banyak bahan yang mendukung lainnya. Untuk menyajikannya menggunakan daun pisang yang dibentuk menjadi pincuk.

7. Es Degan


Es Degan
Bagi Anda yang merasa haus saat siang hari minuman es degan ini bisa menjadi pilihan untuk mengembalikan elektrolit tubuh. Tentu saja setelah seharian berkeliling Kota Jombang akan terasa lemas sehingga es ini akan menyegarkan kembali tubuh Anda. Di dalam es ini juga ditambahkan bahan lainnya seperti nata de coco, buah alpukad, durian dan juga susu cair.

8. Sego Sadukan


Sego Sadukan
Mungkin saja Anda baru saja mendengar jenis sego atau nasi ini. Sego sadukan adalah sejenis nas yang dibungkus menggunakan daun pisang. Untuk bagian dalamnya ada mie goreng dan lauk pauk berupa tempe, tahun yang diiris dalam bentuk kecil. Bahkan terkadang diberikan ikan teri di dalamnya. Apabila di Jogja hampir mirip dengan nasi kucing yang dijual di angkringan.

9. Onde-onde Kacang Merah


Onde-Onde Kacang Merah
Jenis oleh-oleh yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah onde-onde kacang merah. Hampir sama dengan jenis onde-onde lainnya. Namun onde-onde ini menggunakan kacang merah sebagai isian bagian dalamnya. Anda bisa menyantapnya dengan ditemani teh manis dan orang yang disayang tentu saja terasa sangat nikmat.

10. Pecel Rengkek


Pecel Rengkek
Pecel ini hampir sama dengan jenis pecel pada umumnya namun ditambahkan dengan daun pisang yang dipincuk sebagai piringnya. Rasanya juga akan terasa semakin nikmat jika nasi dalam kondisi hangat dan juga ditambahkan dengan peyek kacang.
Setelah seluruh makanan khas dan juga oleh-oleh khas Jombang provinsi Jawa Timur telah diketahui. Maka umumnya seluruh jenis makanan ini disajikan di pinggir jalan. Untuk lebih bijaksana dalam memilih jenis makanan yang disajikan di pinggir jalan agar sesuai dengan standar kesehatan.

Baca Juga : 

JEJAK KULINER Dan WISATA


10 Kuliner Khas Jombang Dan Oleh-Oleh 3.5 Annisa Andriani 10 Kuliner Khas Jombang Dan Oleh-Oleh

Tidak ada komentar: