25 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia | Jejak Kuliner 25 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia - Jejak Kuliner

Jejak Kuliner dan Wisata

Breaking

Kamis, 08 Februari 2018

25 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia

KULINER Dan WISATA

25 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia
25 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia
India dikenal sebagai salah satu negara yang punya banyak ragam kuliner. Makanan khas India juga sudah diterima global. Jadi enggak susah menemukan makanan India di beberapa negara. Biasanya restoran-restoran India di luar negeri menyediakan menu favorit seperti 25 masakan India ini. Mulai dari makanan pokok India seperti nasi biryani sampai camilan khas India seperti panipuri.

Biryani



http://www.2an.xyz
Image: india.com

Banyak sebutan untuk salah satu makanan khas India yang terkenal hampir di seluruh dunia. Ada yang menyebutnya biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani. Walaupun punya banyak nama nasi biryani ini salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar sampai kapulaga. Satu hal yang enggak boleh lepas dari nasi briyani adalah beras basmati yang punya ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering.

Butter Chicken




butter chicken
Image: https://www.bigoven.com

Butter chicken juga salah satu makanan khas India favorit yang bisa kamu temukan dimana-mana. Masakan khas India ini bukan ayam mentega seperti yang ada di sajian khas Cina. Makanan yang satu ini lebih mirip dengan kare ala Jepang yang penuh dengan rempah. Menu yang satu ini pasti selalu bisa kamu temukan di restoran yang menjual makanan India.

Idli




idli
Image: https://www.thequint.com

Idli sangat populer sebagai menu sarapan di India Selatan. Bentuk idli ini menyerupai pancake atau mirip dengan serabi ala Indonesia. Idli terbuat dari fermentasi lentil dan beras yang dikukus dan biasanya dimakan bersama dengan kari sayuran pedas.

Gulab Jamun




Gulab Jamun
Image: http://www.sangitaskitchen.com/

India sangat terkenal dengan berbagai makanan manis atau pencuci mulut. Salah satunya adalah gulab jamun yang punya rasa sangat manis. Gulab jamun ini terbuat dari adonan yang terbuat dari susu dan dibentuk bulat. Untuk mebambah rasa manis gulab jamun direndam dalam sirup gula yang sangat manis.

Kathi Roll




kathi rolls
Image: http://food.ndtv.com/

Street food atau jajanan kaki lima juga sangat terkenal di India, makanan yang dijajakan juga sangat beragam mulai dari makanan berat sampai camilan. Kathi roll salah jajanan kaki lima yang paling terkenal ini punya rasa yang sederhana dan rasanya bisa diterima oleh siapa saja. Kathi roll ini mirip dengan kebab ala timur tengah yang membuat beda adalah roti yang membungkusnya. Kathi roll menggunakan paratha sejenis flat bread atau roti India.

Papri Chaat




http://www.idoreg.com/2018/02/25-makanan-khas-india-yang-terkenal-di.html
Image: http://www.manusmenu.com/

Kamu bisa menemukan Papri Chaat di India dengan mudah karena cemilan yang satu ini memang jadi salah favoritsnack favorit orang India. Papri Chaat memiliki rasa unik yang mungkin  belum pernah kamu rasakan. Adonan yang mirip dengan pangsit goreng diisi dengan kentang rebus, kacang polong rebus dan disiram dengan saus yoghurt.

Pani Puri




pani puri
Image: http://www.yummytummyaarthi.com/

Jajanan khas kaki lima India ini bisa ditemukan di setiap daerah di India. Panipuri punya rasa khas yang unik asam-manis, teksturnya yang renyah juga jadi ciri khas snack ini. Panipuri ini bentuknya mirip dengan bola ubi di Indonesia bedanya snack ini memiliki tekstur yang lebih garing.

Jalebi




jalebi
Image: http://kohinoortempe.com/

Manisan dari India ini selalu hadir di rumah-rumah orang India. Jalebi ini bentuknya mirip pretzel bedanya jalebi disiram dengan kuah sirup gula yang kental. Jalebi bisa disajikan hangat ataupun dingin.
Ayam tandoori



tandoori chicken
Image: Youtube

Ayam tandoori sama terkenalnya dengan nasi biryani, ayam panggang khas India ini juga jadi favorit orang luar negeri termasuk di Indonesia. Ayam panggang dengan warna khas merah dengan ras gurih ini menjadi salah satu makanan yang wajib dimakan saat berpegian ke India.

Dosa




dosa
Image: Youtube

Di benua Eropa  ada crepenah kalau di India ada yang namaya dosa. Crepe biasanya disajikan dengan topping manis seperti buah atau es krim. Nah, kalau dosa kebalikannya nih makanan yang bisa disajikan kapan saja ini diisi dengan kentang dan dimakan bersama sambar.

Rogan Josh




rogan josh
Image: http://www.bazaarbreads.com.au/

India memang selalu identik dengan kari karena di negara ini punya jenis kari yang berbeda-beda. Salah satu yang paling terkenal adalah rogan josh, biasanya kari yang satu ini disajikan dengan potongan daging kambing tapi ada juga yang memakai ayam ataupun sapi.

Samosa




samosa
Image: http://chef-sanjeevkapoor.blogspot.co.id/

Snack paling populer di India dan paling dikenal di dunia adalah samosa.Ya, siapa sih yang bisa nolak samosa yang disajikan hangat. Samosa ini sebenarnya mirip dengan pastel yang bikin beda isiannya saja.

Naan




naan
Image: http://www.sobeys.com/

Satu lagi yang enggak boleh dilupakan di masakan India adalah naan. Roti yang satu ini memang jadi ciri khas makanan India. Bahkan beberapa lauk lebih enak jika disantap bersama roti naan.

Tikka Masala




tikka masala
Image: http://pinchofyum.com/

Tikka masala atau kari ayam ini juga sangat terkenal bahkan beberapa chef internasional membuat resepnya. Kari ayam ini dimasak berwarna yoghurtcream, dan tomat jadi warnanya lebih orange. Tikka masala juga punya rasa kari yang sangat kuat.

Vada




http://www.androtrain.com
Image: http://www.vegrecipesofindia.com/

Sama seperti panipuri kamu juga bisa melihat pedagang yang menjual vada di jalan-jalan besar di India. Vada ini bisa disamakan dengan gorengan ala Indonesia. Cemilan yang bentuknya seperti donat ini sebenarnya punya rasa asin ya agak mirip dengan bakwan.

Laddu




laddu
Image: Youtube

Kalau dilihat dari gambarya pasti kamu langsung ingat sama bola-bola ubi. Memang sih bentuknya mirip banget tapi laddu ini beda banget sama bola-bola ubi. Laddu ini terbuat dari campuran tepung, susu, dan gula. Makanan khas India yang manis ini biasanya selalu hadir di setiap upacara keagaman.

Papaddum




Image: https://recipeland.com

Kamu pecinta kerupuk pasti bakal jatuh cinta sama papaddum. Papaddum ini memang mirip banget sama kerupuk tapi rasanya beda ya. Papaddum biasanya jadi teman makan atau bisa juga jadi snack.

Kofta




kofta
Image: http://lekhafoods.com/

Kofta atau bola-bola daging juga jadi salah satu makanan khas India yang terkenal. Kalau di negara asalnya kofta biasanya terbuat dari daging kambing. Tapi sekarang sudah banyak modifikasinya bahkan ada kofta untuk vegetarian.

Lassi




lassi
Image: http://food.ndtv.com/

Minuman ini juga sama terkenalnya dengan smoothie ala barat. Lassi ini cara pembuatannya mirip dengan milkshake, bahan-bahan yang digunakan adalah yoghurt dan rempah-rempah. Selain rempah-rempah ada juga lassi yang dicampur dengan buah-buahan.

Dhokla




dhokla
Image: http://food.ndtv.com/

Dhokla dikenal sebagai makanan khas India vegetarian. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dhokla cukup sederhana hanya campuran tepung beras dan kacang. Dhokla biasanya disajikan untuk makan malam, makan siang, sarapan atau dijadikan snack.

Chai Tea




chai tea
Image: https://www.notonthehighstreet.com/

Teh rempah-rempah ala India ini juga sangat terkenal bahkan Starbucks sempat punya menu Chai Tea Latte. Walaupun banyak orang yang menganggap campuran teh dan rempah-rempah aneh, chai tea ini punya banyak manfaat untuk kesehatan loh.
Sumber : shopback.co.id
25 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia 3.5 Annisa Andriani 25 Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar