4 KULINER DI SURABAYA YANG UENAAK | Jejak Kuliner 4 KULINER DI SURABAYA YANG UENAAK - Jejak Kuliner

Jejak Kuliner dan Wisata

Breaking

Rabu, 04 April 2018

4 KULINER DI SURABAYA YANG UENAAK

KULINER Dan WISATA

Surabaya ga cuma terkenal dengan semangat arek-areknya yang menggelora, tapi ternyata arek-arek di kota ini juga pada jago masak loh :p Buktinya banyak banget tempat makan enak yang menggugah selera, buat Boboers yang doan pedes? ada, doyan yang gurih-gurih, manis-asem, sampe yang seger-sueger semua ada di sini.  Dan ini dia Bocan pilihin 5 wisata kuliner di Surabaya yang terkenal enaknya .


Bebek Sinjay

Bebek Sinjay ini terkenal banget di Surabaya, bahkan sampe banyak yang buka cabangnya di Jakarta.  Tapi kata pak supir yang nganter Bocan keliling wiskul kemaren sih Bebek Sinjay ini ga buka cabang selain di Surabaya dan Madura.  Semua cabangnya yang ada di Surabaya dan Madura itupun dipegang sama keluarganya sendiri, jadi resep kremesan bebek dan sambelnya beneran resep pribadi dari keluarga mereka dan ga dibuka jadi franchise.  Rasanya beneran otentik, ga seperti sambel dan kremesan lain, pedes gurih, wah ini beneran makanan favorit Bocan. Sambelnya unik juga, sambel mangga muda yang seger dan pedesnya manteep banget!  Ini bebek terenak yang pernah Bocan mkan, seerius! Tapi buat Boboers yang darah tinggi jangan keseringan makan ini ya, karena selain bebek mengandung lebih banyak lemak, bumbu kremesnya juga agak asin (buat yang ga suka asin pasti bilangnya asin banget).
Harga bebek+nasi di warung ini sekitar 28k, kalo bebeknya aja cuma 25k. Kalau Boboers berkunjung kesana jangan ngarep disamperin pelayannya, ordernya langsung di meja  kasir + bayarnya juga.
Jl. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60237
Buka jam 09-21.00

Sate Kelapa Ondomohen

Pertama Bocan ngeliat temen ngepost soal sate ini Bocan langsung penasaran banget, sate yang biasanya dibumbuin kacang dan sama kecap aja kok ini pake kelapa, hmmm keliatannya gurih banget nih.  Trus Ondomohen itu kata yang cukup unik ya, kirain itu nama bumbunya juga atau apa, ternyata itu adalah nama jalan di mana warung sate ini berdiri awalnya.  Jl.Ondomohen, nama jalan dari bahasa Belanda yang ada di Surabaya.
Sate ini terkenal karena emang rasanya enak Boboers, tempat makanya ga pernah sepi.  Sate kelapa ini sebenernya sate daging biasa, cuma dibalurin parutan kelapa sangrai trus dibakar deh.  Selain bumbu kelapanya yang unik, daging satenya juga empuuk banget dan bumbu kacangnya sedap dan pas ga terlalu manis, tapi kalo buat Bocan yang doyan pedes sih perlu ditambah sambel atau banyakin acar cabe rawitynya jadi makin endools 😀
Ada macem-macem pilihan satenya nih, ada sate ayam, sumsum, usus dan yang pasti daging. Bocan sih kemaren cobain yang daging.  Harga sate daging 1 porsinya  20K, engga bikin kantuuung bolong 😀
Jl. Walikota Mustajab No. 36
Buka jam 6.30-23.00
Mie Pecun

Hmm jangan suujon dulu, Pecun disini singkatan dari pedes-bebas racun.  Mie instan emang selalu di hati, saat ga masak, saat hemat, atau saat kencan makan mie selalu jadi favorit.  Termasuk mie satu ini, rasanya yang super pedes jadi daya tarik tersendiri.  Ini jadi salah satu makanan anak muda yang lagi hits di Surabaya, mirip-mirip Indomie Abang Adek di Jakarta.  Variannya pun sama, ada mie goreng/rebus dengan berbagai tambahan topping seperti kornet, keju, dan telur.  Rasanya? Tau sendiri kan perpaduan indomie+cabe rawit…nikmaat binggis 😀
Jl. Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251
Buka jam : 10.00–02.00 dini hari.

Zangrandi Ice Cream

Terakhir, sebagai dessert kita cari yang seger-seger dingin di Zangrandy Ice Cream.  Cocok banget makan ini setelah menyiksa lidah dengan cabe-cabean diatas. Apalagi saat cuaca Surabaya lagi hot-hotnya. Zangrandi ice cream ini akan mendinginkan suasana.  Tempatnya cozy dan cantik dengan nuansa warna merah.  Soal menu eskrimnya juga banyak banget pilihannya, banana split, tutty fruity, blue island dll. Selain menu es krim, cafe ini juga menyediakan cemila seperti risoles, kroket, pastel dan cake. Dibanding harga makanan yang udah Bocan tulis diatas, harga es krim ini termasuk mahal, untuk satu scop es krim di bandrol 27k.  Tapi rasa es krimnya enak looh, dan ini homemade jadi bebas pengawet.
Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 17530
4 KULINER DI SURABAYA YANG UENAAK 3.5 Annisa Andriani 4 KULINER DI SURABAYA YANG UENAAK

1 komentar: