37 Tempat Wisata Di Malang Yang Sangat Menarik | Jejak Kuliner 37 Tempat Wisata Di Malang Yang Sangat Menarik - Jejak Kuliner

Jejak Kuliner dan Wisata

Breaking

Selasa, 27 Februari 2018

37 Tempat Wisata Di Malang Yang Sangat Menarik

KULINER Dan WISATA
37 Tempat Wisata Di Malang Yang Sangat Menarik
Malang memiliki cukup banyak destinasi wisata menarik dari kawasan utara, tengah, hingga selatan. Di kawasan utara atau Kota Batu terdapat wisata air terjun, pemandian, dan taman bermain. Selanjutnya di kawasan tengah atau Kota Malang terdapat beberapa wisata budaya dan sejarah. Terakhir, kawasan selatan memiliki banyak wisata alam khususnya pantai yang masih terjaga alamnya.

Selain tiga kawasan utama yang telah disebutkan sebelumnya, Malang bagian timur juga memiliki kebun teh, pemandian alam, dan candi yang menyimpan sejarah dari masa Kerajaan Singasari. Untuk lebih mengenal tempat wisata di Malang mulai dari lokasi, tiket masuk, dan jam operasionalnya, simak uraian lengkapnya di bawah ini.
1. Pantai Balekambang


Pantai Balekambang
Tempat Wisata Malang, Pantai Balekambang

Pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini khas dengan adanya pulau kecil yang menjorok ke lautan. Pulau yang diberi nama Ismoyo dan mirip sekali dengan Tanah Lot ini memiliki jembatan yang ujungnya berada di daratan.
Keunikan pantai yang tiket masuknya Rp15.000 dan bisa diakses dari Kota Malang dengan mobil atau motor ini tidak berhenti di sana saja. Di dalam pulau kecil yang dihubungkan jembatan juga terdapat pura kecil untuk pemujaan. Biasanya saat bulan Muharam tiba, akan ada banyak orang berziarah ke sini sembari menikmati keindahan pantai berpasir putih dengan gelombang air laut yang cukup besar.
Selain menikmati pantai dan juga keindahan pulau, Pantai Balekambang masih memiliki permainan luncur gantung atau flying fox. Wisatawan yang punya nyali besar bisa mencoba wahana ini dengan meluncur dari pulau kecil dan mendarat di pantai di daratan seberang. Wahana ini buka dari pagi hingga sore sementara pantai buka selama 24 jam.
2. Mata Air Sumber Sirah
Akses menuju kawasan Mata Air Sumber Sirah tidaklah sulit. Wisatawan bisa mengambil rute menuju Desa Jawa, kecamatan Godanglengi, Kabupaten Malang. Waktu tempuhnya dari Kota Malang sekitar 1-1,5 jam dan bisa dijangkau dengan sepeda motor dengan jalan yang tidak terlalu sulit.
Begitu tiba di lokasi, wisatawan bisa menikmati keindahan mata air yang jernih dan segar. Pengunjung pun bisa terjun langsung ke dalam kolam untuk berenang maupun melakukan snorkeling. Ya, tempat ini merupakan kolam air tawar yang menawarkan keindahan bawah air yang memikat. Tumbuhan air hijau dan juga ikan yang ada di sini akan membuat wisatawan merasa berada di tengah laut.
Tidak ada biaya masuk kalau ingin menikmati keindahan bawah air di Sumber Sirah. Pengunjung hanya perlu membayar Rp3.000 untuk menyewa ban besar dan Rp2.000 untuk ban anak-anak. Jam operasional Mata Air Sumber Sirah dimulai pada pukul 07.00 dan tutup menjelang petang.
3. Air Terjun Coban Rondo


Air Terjun Coban Rondo
Tempat Wisata Malang, Air Terjun Coban Rondo

Terletak di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujun, Kabupaten Malang, Air Terjun Coban Rondo menghadirkan pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati keindahan air terjun dengan latar belakang pemandangan alam hijau yang memikat.
Selain menghadirkan air terjun, kawasan taman wisata ini juga memberikan beberapa fasilitas pendukung. Wisatawan yang ingin menikmati alam bisa melakukan kegiatan mancakrida, kamping, bermain kano, paralayang, hingga arung jeram dengan mengikuti aliran air yang sangat deras.
Untuk bisa mengakses kawasan ini, pengunjung bisa mengambil rute dari Kota Malang menuju Kota Batu. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju kawasan kaki gunung melalui jalan berkelok.
Tiket masuk ke kawasan Coban Rondo sekitar Rp15.000 saat hari biasa dan Rp18.000 saat akhir pekan atau hari libur untuk wisatawan lokal. Wisatawan asing akan dikenai tarif sekitar Rp25.000 saat hari biasa dan Rp30.000 saat akhir pekan atau hari libur. Jam operasional dimulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.
4. Jatim Park 1
Jatim Park 1 adalah wahana bermain yang cocok dikunjungi saat liburan. Yang menjadi daya tarik utama taman bermain ini adalah adanya kolam renang raksasa dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Empu Gandring. Selebihnya, taman hiburan yang buka dari pukul 08.30-17.00 ini juga memiliki 50 wahana bermain yang bisa dicoba sampai puas.
Tiket masuk untuk Jatim Park 1 sekitar Rp100.000 saat akhir pekan, hari libur nasional, dan liburan sekolah. Selain hari libur, tiket akan mendapatkan diskon 30% menjadi Rp70.000 saja. Dengan tiket ini, wisatawan bisa mencoba aneka wahana yang ada hingga saatnya tutup di sore hari. Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika No. 2, Sisir, Kota Batu. Dari Kota Malang, dibutuhkan 45-60 menit untuk sampai ke lokasi.
5. Jatim Park 2
Jatim Park 2 masih satu manajemen dengan tempat wisata di Malang yang dibahas sebelumnya. Kalau di Jatim Park 1 banyak wahana bermain, di tempat ini terdapat kebun binatang dan juga museum satwa. Pengunjung yang datang bisa menyaksikan aneka binatang dari berbagai belahan dunia dan juga museum yang memajang koleksi satwa lengkap. Tentu saja destinasi wisata ini cocok untuk liburan keluarga sekaligus tempat belajar bagi anak-anak.
Jatim Park 2 berada di Jalan Oro-oro Ombo No. 9, Temas, Kota Batu. Akses dari Kota Malang sekitar 60 menit perjalanan dengan mobil. Harga tiket masuk ke lokasi ini sekitar Rp120.000 saat akhir pekan dan diskon 30% saat hari biasa. Tiket yang dibeli hanya bisa digunakan untuk 1 hari saja mulai dari pukul 10.00-16.00.
6. Omah Kayu


Omah Kayu
Omah Kayu

Omah Kayu menjadi tempat wisata di Malang yang paling digemari oleh anak muda, khususnya di kawasan Malang. Berlokasi di kawasan Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, tempat ini menyajikan tempat berfoto yang indah. Rumah pohon yang dibangun di ujung jurang dijadikan destinasi berfoto yang unik dengan pemandangan kota di bawah dan pohon pinus di sekelilingnya.
Saat akhir pekan, Omah Kayu yang buka dari pukul 09.00-17.00 ini selalu dibanjiri pengunjung. Rata-rata pengunjung yang datang ke sini ingin berfoto atau sekadar menikmati pemandangan. Dengan tarif masuk Rp5.000 saja, pengunjung sudah bisa berfoto ria. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Omah Kayu, tarifnya sekitar Rp300.000-an per malam.
7. Museum Angkut


Museum Angkut
Museum Angkut

Keindahan kawasan Kota Batu yang berada di utara Malang tidak berhenti pada wisata alam saja. Di Museum yang menampilkan aneka kendaraan dari berbagai zaman dan negara ini, wisatawan bisa menikmati sejarah sembari berburu foto di berbagai sudut museum yang menarik.
Museum Angkut memiliki beberapa konsep lokasi di dalamnya. Ada zona Eropa, Hollywood, Pecinan, dan masih banyak lagi. Pada akhir pekan akan ada karnaval seru yang menampilkan beberapa atraksi menarik. Tarif masuk Museum Angkut sekitar Rp100.000 saat akhir pekan atau hari libur, di luar itu akan mendapatkan diskon sekitar 30%.
Museum Angkut bisa diakses dari Kota Malang dengan lama perjalanan 45-60 menit, tergantung keadaan lalu lintas. Jam operasionalnya dimulai pada pukul 12.00 dan tutup pada pukul 20.00 setiap hari. Lokasinya berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu.

Baca Juga : Global English Kampung Inggris Pare , Kediri
  • Cara cepat buat yang tak sabar ingin segera ke Malang
museum angkut
Kota Malang dan sekitarnya jadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Jika Bandung dan Bogor yang pada akhir pekan dipenuhi oleh pengunjung dari ibu kota, Malang juga jadi primadona bagi warga Surabaya dan sekitarnya.
Bicara tentang liburan ke Malang tentu tak lepas dari sarana transportasi yang digunakan. Bagi yang tinggal di Pulau Jawa, Anda bisa mengunjunginya dengan moda transportasi darat maupun kereta api. Namun, ada pula rute perjalanan udara hingga bandar udara Malang yang bernama Abdul Rachman Saleh. Alternatif tersebut tentu menjadi cara tercepat menuju Malang.
Meski memilih moda transportasi pesawat, Anda tetap bisa berhemat dengan paket tiket pesawat dan hotel Traveloka yang menawarkan harga spesial. Bayangkan, Anda bisa mendapatkan potongan harga hingga 20%! Sisa bujet perjalanan bisa digunakan untuk membeli oleh-oleh.
8. Pantai Ngliyep


Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep menjadi tujuan banyak wisatawan saat akhir pekan atau hari libur tiba. Terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, pantai ini menawarkan keindahan pasir putih dengan air laut yang jernih. Agak menjorok ke tengah terdapat karang-karang yang ditumbuhi semak hijau rimbun.
Pantai Ngliyep buka dari pukul 07.00 hingga malam hari, tiket masuknya sekitar Rp15.000 dan biaya parkir Rp5.000. Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam, bersantai, bermain air, hingga berburu foto. Fasilitas di pantai ini juga cukup banyak mulai dari warung, kamar mandi, hingga akomodasi. Akses ke Pantai Ngliyep cukup mudah dijangkau dari Kota Malang, dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam melewati jalur yang cukup berkelok hingga akhirnya sampai di Kecamatan Donomulyo.
                     Wisata Jogja Murah dan aman
9. Museum Brawijaya
Museum Brawijaya menyimpan cukup banyak koleksi kendaraan tempur dari masa lalu seperti tank dan pelontar bom. Pengunjung yang datang ke sini akan langsung disuguhi dengan kendaraan tempur di depan bangunan yang dikelola sendiri oleh TNI AD. Sementara di dalam bangunan ada aneka senjata dan juga gerbong maut yang dahulu digunakan untuk mengangkut tawanan perang.
Berada di tengah-tengah Jalan Besar Ijen atau 10 menit perjalanan dari Alun-Alun Kota Malang, Museum Brawijaya buka setiap hari pada pukul 08.00-14.00, dan pada hari Minggu, museum buka satu jam lebih lama. Untuk menyaksikan semua koleksi yang ada di sini, wisatawan akan dikenai biaya masuk sekitar Rp3.000 saja.
10. Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna sedikit berbeda dengan pantai kebanyakan di kawasan selatan Malang. Untuk bisa menikmati pantai ini, wisatawan harus menghubungi pihak pengelola dan melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pengunjung yang menjelajahi kawasan ini dibatasi 10 orang saja. Selain itu, mereka juga harus menyewa jasa pemandu dengan membayar Rp100.000 karena pantai ini berada di tengah cagar alam.
Untuk bisa sampai ke kawasan pantai yang memiliki tiga lapis warna ini dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra. Wisatawan harus datang ke kawasan Desa Tambakrejo, Subermanjing Wetan, Kabupaten Malang yang jalannya cukup berliku. Akan lebih mudah apabila perjalanan ditempuh menggunakan kendaraan roda dua saja.
Pantai Tiga Warna yang buka dari pukul 07.00-18.00 ini menawarkan keindahan alam berupa tebing hijau, hutan yang masih alami dan laut yang masih jernih. Wisatawan yang datang ke sini bisa melakukan aktivitas air seperti berenang, snorkeling, dan menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut.
11. Pantai Goa Cina
Berkat adanya tebing di pinggiran pantai yang memiliki gua, pantai indah ini kemudian diberi nama Pantai Goa Cina. Dahulu kala, gua ini digunakan untuk tempat bertapa seorang keturunan Cina hingga akhirnya wafat di tempat. Sejak saat itu, pantai ini jadi terkenal dan dijadikan tempat wisata yang menyenangkan dengan akses mudah dari Kota Malang. Jalan ke kawasan ini sudah aspal meski cukup berkelok pada beberapa bagian.
Pantai yang terletak di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini menawarkan ombak yang sangat besar. Namun, begitu sore menjelang, ombaknya akan mereda sehingga wisatawan bisa berenang hingga ke tengah. Sekitar 300-an meter dari daratan terdapat pulau karang besar yang bisa dijangkau dengan berenang atau berjalan kaki.
Tidak begitu jauh dari lautan terdapat muara sungai yang mirip danau. Tempat ini biasanya digunakan untuk memancing oleh warga lokal. Selanjutnya, pantai yang tarif masuknya sekitar Rp5.000 per orang ini juga buka 24 jam. Saat malam menjelang, banyak orang mendirikan tenda untuk kamping di pinggir pantai.
12. Pantai Bajul Mati
Pantai Baju Mati masih satu garis dengan Pantai Goa Cina. Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan harus terus melakukan perjalanan hingga mendapati jalur lintas selatan. Sebelum sampai ke pantai ini, pengunjung akan menemukan jembatan panjang yang merupakan muara sungai.
Lokasi Pantai Bajul Mati berada di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati indahnya pantai berpasir hitam dengan ombak yang sangat besar. Saat pagi hari, pantai ini akan berkabut sehingga cocok untuk tempat berburu foto dengan pemandangan yang magis.
Fasilitas di pantai ini masih sedikit, berbeda dengan pantai sebelumnya yang lebih lengkap dengan banyak pedagang, kamar ganti, dan toilet. Tiket masuknya sekitar Rp5.000 per orang dan Rp5.000 juga untuk parkir motor atau mobil. Normalnya pantai ini buka dari pagi hingga sore, tetapi ada banyak pengunjung yang bermalam di sini hingga pagi tiba.
13. Eco Green Park
Eco Green Park adalah taman wisata edukasi yang masih jadi satu dengan Jatim Park Group. Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp60.000 saat akhir pekan atau hari libur dan Rp40.000 saat hari biasa. Dengan tiket itu, pengunjung bisa menikmati cukup banyak wahana menarik termasuk patung gajah raksasa yang terbuat dari televisi bekas.
Taman bermain dan belajar ini memiliki wahana menarik berupa Geology Science Center, Walking Bird, Animal Farm, Duck Kingdom, World Parrots, Dome Multimedia, hingga sawah yang digunakan untuk belajar menanam aneka tumbuhan seperti padi dan sayuran.
Eco Green Park berada di Jalan Oro-Oro Ombol No. 9A, Kota Baru dan beroperasi pada pukul 08.30-16.30 setiap harinya. Pengunjung yang ingin mendapatkan harga khusus yang lebih murah bisa mengambil paket dengan Jatim Park 1 sebesar Rp70.000-100.000 dan Jatim Park 2 sebesar Rp85.000-125.000.
14. Masjid Tiban Turen
Salah satu keistimewaan dari masjid yang berada di kawasan Turen, Kabupaten Malang ini adalah pembangunannya. Warga sekitar tidak ada yang tahu bagaimana masjid ini dibangun karena tiba-tiba sudah jadi masjid dengan ukuran besar, desain unik, dan lantainya cukup banyak, yaitu 9 lantai.
Untuk menikmati keindahan masjid unik ini, pengunjung tidak dikenai biaya masuk. Namun, tetap membayar biaya parkir serta sumbangan seikhlasnya. Begitu masuk ke dalam masjid ini, wisatawan atau peziarah bisa menyaksikan masjid yang megah dan desainnya unik. Pengunjung yang datang biasanya mengambil foto di sini karena latar belakangnya indah.
Di beberapa lantai masjid terdapat beberapa toko yang menjual oleh-oleh. Selain itu, mereka yang tidak membawa kamera bisa menyewa jasa studio foto yang ada di sana. Biasanya foto bisa langsung jadi dalam beberapa menit saja.
15. Alun-Alun Kota Malang
Tempat wisata di Malang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah alun-alunnya. Di jantung dari Kota Bunga ini, wisatawan bisa menikmati keindahan taman yang dilengkapi tempat duduk dan juga spot untuk berfoto.
Saat sore hari biasanya air mancur di tengah alun-alun akan dinyalakan dengan lampu indah di dalamnya. Selebihnya, tersedia pula taman bermain untuk anak-anak. Burung-burung merpati pun semakin menambah suasana asri di taman.
Tidak jauh dari kawasan alun-alun terdapat Masjid Jami Malang, Gereja, dan mal yang menjual banyak aneka kebutuhan rumah tangga. Setelah puas berkeliling alun-alun, wisatawan bisa berjalan ke arah pecinan untuk berburu kuliner khas Malang yang nikmat, murah, dan porsinya banyak seperti bakso, rujak, dan cui mi.
16. Predator Fun Park
Seperti namanya, tempat wisata yang terletak di Jalan Tlengkung No. 315, Junrejo, Kota Batu ini menyimpan banyak predator. Taman bermain dengan konsep ngeri, tetapi edukatif dan menarik ini memiliki cukup banyak koleksi buaya serta ikan predator yang bisa dilihat oleh pengunjung dari dekat.
Selain para predator yang tampak mengerikan, taman bermain juga memiliki kereta buaya, labirin, waterpark, dan lokasi mancakrida. Semua wahana bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp30.000 saat hari biasa dan Rp50.000 saat akhir pekan serta hari libur. Predator Fun Park buka dari pukul 08.30-16.30 setiap hari.
17. Wisata Paralayang


Wisata Paralayang
Wisata Paralayang

Lokasi wisata paralayang tidak begitu jauh dari Omah Kayu yang telah dibahas sebelumnya. Destinasi menarik yang menampilkan pemandangan Kota Batu dan Malang dari atas ini terletak di kawasan Gunung Banyak atau tepatnya Jalan Songgokerto, Kota Batu. Tidak ada jam operasional resmi untuk kawasan ini, sehingga wisatawan masih bisa ke sini pada malam hari. Wisatawan yang ingin berkunjung bisa meluncur dari Kota Malang menuju arah Gunung Banyak dengan waktu tempuh 60 menit.
Tiket masuk ke wisata paralayang hanya Rp5.000 per orang. Mereka yang ingin menikmati sensasi seru menggunakan paralayang bisa membayar lagi biaya sewa sebesar Rp350.000. Namun, persewaan peralatan paralayang tidak buka setiap hari karena bergantung pada keadaan cuaca.
18. Waduk Selorejo


Waduk Selorejo
Waduk Selorejo

Kawasan Kabupaten Malang sebelah utara memiliki waduk dengan pemandangan indah. Selain digunakan sebagai pembangkit listrik dan irigasi, Waduk Selorejo juga menyimpan banyak titik menarik untuk berburu foto. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner olahan ikan waduk yang rasanya gurih.
Waduk Selorejo yang terletak di Desa Pandansari, Ngantang, Kabupaten Malang ini juga menawarkan aktivitas seru dengan adanya fasilitas mancakrida. Wisatawan yang datang bisa menikmati serunya flying fox (luncur gantung) hingga memancing ikan maupun berenang. Tempat wisata ini buka dari pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00. Tiket masuknya sekitar Rp15.000 per orang. Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin menginap, tersedia pula akomodasi dengan harga mulai Rp300.000 per malam.
Kawasan Waduk Selorejo bisa dijangkau dari Malang atau dari Kediri dan Blitar. Akses jalannya cukup berkelok meski semua jalannya sudah diaspal. Disarankan datang ke sini dengan motor saja ketimbang mobil.
19. Kebun Teh Wonosari


Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari

Terletak di kaki Gunung Arjuno atau tepatnya Desa Toyomarto, Singasari, Kabupaten Malang, kebun teh ini tidak hanya menghadirkan hamparan pohon teh saja. Wisatawan yang datang ke sini juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik seperti flying foxpaint ball, berkuda, hingga berburu foto dengan mengelilingi kebun yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl. ini.
Kebun Teh Wonosari mudah diakses dari Kota Malang dengan waktu tempuh 45 menit melalui Pasar Singasari menuju Desa Toyomarto. Tiket masuknya sekitar Rp8.000 saat hari biasa dan Rp12.000 saat akhir pekan. Wisatawan bisa menikmati keindahan kebun teh yang hijau ini dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00.
20. Sengkaling
Sengkaling menawarkan wisata air berupa aneka permainan di kolam renang serta pemandangan alam yang menakjubkan. Wisatawan bisa berenang di air yang jernih dan dingin atau berkeliling di sekitar kawasan kolam untuk berburu tempat-tempat menarik untuk swafoto.
Akses ke kawasan Sengkaling cukup mudah karena berada di Jalan Raya Malang-Batu. Wisatawan yang ingin bersantai sembari menikmati kesegaran udara pegunungan bisa datang ke Jalan Raya Sengkaling, Dau, Kabupaten Malang. Tiket masuknya hanya sekitar Rp15.000 dan beroperasi dari pukul 06.00-17.00.
21. Hawai Waterpark
Selain Sengkaling, wisatawan yang ingin bermain air dengan seru bisa datang ke Hawai Waterpark yang terletak di Jalan Graha Kencana Raya, Singosari, Kabupaten Malang. Di tempat ini, tersedia aneka permainan air seperti seluncuran yang memiliki tinggi hingga 3 meter lebih, kolam ombak, hingga sungai buatan yang mengalir mengelilingi kawasan kolam.
Tiket masuk ke kawasan Hawai Waterpark sekitar Rp75.000 saat hari biasa dan Rp100.000 saat akhir pekan. Taman air yang kerap melakukan pertunjukan langsung para artis dunia DJ ini beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 16.00 setiap harinya.
Wisatawan yang ingin datang ke kawasan Hawai Waterpark bisa meluncur ke jalan Malang-Surabaya. Dari pusat Kota Malang hanya 15 menit saja masuk ke kawasan perumahan Graha Kencana.
22. Batu Night Spectacular (BNS)
Kalau sebagian besar taman bermain di kawasan Batu tutup saat sore hari, BNS justru buka mulai sore hingga tengah malam. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 15.00-23.00 dan saat akhir pekan hingga pukul 24.00. tiket masuknya sekitar Rp20.000 saat hari biasa dan Rp30.000 saat akhir pekan. Tiket ini hanya untuk masuk saja, beberapa wahana lain mewajibkan wisatawan untuk membayar kembali.
BNS dikunjungi oleh banyak orang karena memiliki taman lampion yang megah dan indah. Di tempat ini wisatawan bisa berfoto-foto atau sekadar menikmati keindahan lampion beraneka bentuk. Selain taman lampion, BNS juga masih menawarkan komedi putar, Gravitron, hingga Avatar.
Taman lampion nan memukau ini bisa ditemukan di Jalan Oro-oro Ombo, Kota Batu.
23. Taman Selecta
Selain Sengkaling, tempat wisata yang berada di jalur Malang-Batu adalah Taman Selecta. Taman yang memiliki puluhan bunga ini cocok untuk piknik atau sekadar relaksasi untuk menikmati udara gunung yang segar, dan menyaksikan aneka bunga bermekaran yang ditata dengan rapi.
Tiket masuk ke kawasan taman ini sekitar Rp25.000 setiap hari. Kalau wisatawan datang rombongan dengan banyak orang, tiket masuknya bisa dipotong Rp5.000 per orang. Taman Selecta yang buka dari pukul 07.00-17.00 ini berada di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu.
24. Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian air panas yang terletak di kawasan Cangar, Bumiaji, Kota Batu ini memiliki sumber air panas yang berasal dari Gunung Welirang. Wisatawan yang datang ke sini bisa berenang di kolam-kolam air panas yang telah disediakan atau kolam air dingin yang ada di sebelahnya.
Air panas yang keluar dari gunung suhunya cukup tinggi dan baik untuk kesehatan kulit. Wisatawan bisa berendam selama beberapa jam di sini dengan biaya masuk hanya Rp10.500 saja dan biaya parkir sekitar Rp3.000-5.000. Selain berendam, pengunjung juga bisa menyantap kuliner tapai ketan yang cocok untuk menghangatkan badan.
Pemandian air panas Cangar buka setiap hari dari pagi hingga malam. Untuk bisa menikmati air panas tanpa banyak gangguan, disarankan datang saat pagi hari atau menghindari hari libur.
25. Coban Talun


Coban Talun
Coban Talun

Coban Talun sedikit berbeda dengan Coban Rondo yang sudah dikenal banyak orang. Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi dan pemandangan alamnya sangat asri. Untuk ke sana, pengunjung bisa datang ke Dusun Wonorejo, Bumiaji, Kota Batu. Lokasinya berada pada lereng Gunung Arjuna yang sangat sejuk dan dikelilingi pemandangan yang menakjubkan.
Selain air terjun, kawasan Coban Talun juga memiliki bumi perkemahan. Setiap hari selalu ada banyak orang yang kamping untuk menikmati suasana alam Gunung Arjuna. Kawasan ini juga memiliki Apache Camp yang berisi bangunan-bangunan ala Indian, dan Pagupon Camp yang berisi bangunan ala rumah burung dara.
Kawasan Coban Talun buka selama 24 jam penuh karena merupakan lokasi kamping. Tiket masuknya sekitar Rp7.500 per hari. Wisatawan yang menginap tetapi tidak membawa tenda bisa menyewa beberapa bangunan ala Indian dengan tarif sewa per malam sekitar Rp400.000-an.

26. Kampung Warna-warni Jodipan



Kampung Warna-Warni Jodipan
Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Jodipan awalnya hanya kawasan perumahan yang cukup kumuh dan berada di dekat Sungai Brantas. Namun, setelah ada program pengecatan warna-warni, kampung ini berubah menjadi tempat wisata baru di Kota Malang yang hit dan selalu dicari oleh wisatawan.
Berlokasi 300 meter dari Stasiun Malang, Kampung Jodipan menawarkan keindahan warna-warni bangunan. Tempat ini indah jika dilihat dari atas dan bagus untuk berfoto. Maka, disediakan cukup banyak tempat untuk swafoto dengan latar belakang yang cantik.
Berseberangan dengan kampung warna-warni terdapat kampung Tridi yang temboknya banyak dihias lukisan 3D dan juga cocok untuk tempat berfoto. Tiket masuk ke kawasan Jodipan hanya Rp3.000 saja. Kampung ini bisa dikunjungi dari pukul 06.00-17.00.

Baca Juga : Wisata Kuliner Semarang yang Paling Terkenal
27. Coban Nirwana
Coban Nirwana adalah air terjun yang baru ditemukan di kawasan Kabupaten Malang. Untuk sampai ke sini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengambil arah Gedangan, tidak jauh dari Sumbermanjing Wetan yang memiliki banyak sekali wisata pantai. Dari Kota Malang diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan.
Kawasan Coban Nirwana memiliki air terjun yang berlapis. Perbukitan di sekitarnya juga tidak terlalu tinggi sehingga bisa dicapai dengan mudah. Di bawah air terjun terdapat aliran sungai yang bisa digunakan untuk mandi dan relaksasi. Namun, karena masih objek wisata baru tidak ada tiket masuk dan belum diberlakukan jam operasional.
28. Teluk Bidadari
Teluk Bidadari memiliki cekungan kolam alami dengan warna hijau kebiruan. Wisatawan bisa berendam di kolam alami ini sembari menikmati deburan ombak laut selatan yang cukup besar. Selain itu, kawasan perbukitan karang di sekitar teluk juga merupakan lokasi yang cantik untuk berburu foto.
Untuk mencapai kawasan Teluk Bidadari, wisatawan harus datang ke Desa Sumberbening, Bantur, Kabupaten Malang. Tempat pertama yang harus dijangkau adalah Pantai Mbehi lalu mendaki selama 30 menit sebelum sampai ke lokasi. Warga lokal mengelola kawasan ini dengan menyewakan jasa pemandu. Satu orang akan dikenai Rp10.000 untuk pemandu.
Dengan jasa pemandu, wisatawan bisa sampai ke lokasi Teluk Bidadari dengan mudah. Adanya pemandu juga meminimalisasi adanya kecelakaan dan juga perusakan alam di sekitar kawasan teluk yang indah ini.
Teluk Bidadari dibuka dari pagi hingga petang, ketika jalur tidak bisa dilewati karena gelap.
29. Banyu Anjlok
Yang membedakan Banyu Anjlok dibandingkan air terjun lainnya adalah lokasinya yang dekat dengan pantai. Dengan adanya pasir pantai di bawah air terjun menandakan bahwa kawasan ini adalah tempat bertemunya air tawar dan juga air asin. Tidak jauh dari air terjun juga terdapat gua yang unik dan tidak terlalu dalam.
Untuk bisa sampai ke kawasan Banyu Anjlok yang unik ini, wisatawan bisa datang ke Desa Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Dari desa ini, wisatawan masih harus melakukan perjalanan melalui perkebunan kopi selama 30 menit. Selain itu, ada juga jalur lainnya, yaitu menggunakan kapal dengan melintasi beberapa pantai yang cocok untuk snorkeling. Jalur mana pun yang dipilih, pemandangan memukau siap memanjakan mata sepanjang perjalanan.
Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp5.000 saja. Wisatawan yang ingin menyewa perahu akan dikenai tarif tambahan. Pengelola perahu juga menyewakan peralatan snorkelingdengan tarif Rp50.000 sekali pakai. Banyu Anjlok beroperasi dari pagi hingga sore saat tidak ada kapal beroperasi lagi.
30. Tubing di Wringinanom
Selain memiliki wisata pantai dan taman hiburan, Malang juga memiliki wisata ekstrem lain yang wajib untuk dicoba. Wisatawan yang ingin menguras adrenalinnya bisa mencoba melakukan tubing dengan mengikuti aliran air sungai di Lereng Semeru yang berkelok-kelok dan deras.
Terletak di kawasan Wringinanom, Poncokusumo, Kabupaten Malang, wisatawan bisa menyewa ban untuk tubing. Harga sewanya bervariasi mulai dari Rp15.000. Wisatawan yang mengikuti kegiatan ini bisa merasakan keseruan perjalanan menyusur bukit sepanjang aliran air sembari menikmati pemandangan hijau di sekitarnya. TubingWringinanom mulai beroperasi pada pukul 08.00 dan tutup saat menjelang sore.
31. Sumber Krabayakan
Sumber Krabayakan adalah mata air yang masih alami dan dikelola oleh warga sekitar menjadi tempat wisata. Di tempat ini, wisatawan akan disambut kolam yang jernih lengkap dengan bebatuan alam beragam ukuran. Dikelilingi kawasan pegunungan dan persawahan yang masih hijau, Sumber Krabayakan memang cocok untuk relaksasi. Tempat wisata ini terletak di Ngepoh, Lawang, Kabupaten Malang dan bisa ditempuh dalam jangka waktu 45 menit dari Kota Malang melalui gang kecil dekat Pasar Lawang.
Di tempat ini, wisatawan bisa mandi di dalam kolam atau menikmati terapi ikan. Dalam terapi ini, pengunjung akan merasakan sensasi ketika banyak ikan kecil menggigiti kaki yang tercelup ke dalam air.
Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00. Tiket masuknya sekitar Rp5.000. Pengunjung yang ingin menikmati terapi ikan atau berenang harus membayar lagi Rp3.000 per tempat.
32. Pantai Kedung Celeng
Pantai Kedung Celeng terletak di Jalan Raya Banjarejo, Sumberceleng, Donomulyo, Kabupaten Malang. Dari pusat kota, lokasi ini bisa dijangkau selama 2 jam dengan mengambil jalur ke arah selatan. Jalan menuju ke pantai cukup terjal dan berkelok sehingga disarankan untuk lebih berhati-hati saat berkendara.
Di pantai yang masih tersembunyi dan alam ini, wisatawan bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti berendam atau berenang. Kubangan air di pantai ini cukup banyak dan airnya sangat jernih. Di sekeliling pantai terdapat banyak batuan karang yang cocok untuk lokasi berburu foto.
Pantai Kedung Celeng memasang tiket masuk sekitar Rp3.000 per orang dan Rp5.000 per kendaraan untuk parkir. Kawasan ini belum dikelola dengan baik sehingga belum memiliki jam buka resmi. Biasanya wisatawan datang dari pagi dan pulang jelang matahari terbenam.
33. Pemandian Wendit
Pemandian Wendit adalah taman air tertua di Malang yang masih laris manis dikunjungi wisatawan lokal dari kawasan selatan. Pemandian ini menawarkan banyak kolam renang lengkap dengan beberapa permainan seperti seluncuran yang panjang, tinggi, dan berkelok sehingga bisa memacu adrenalin.
Terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pemandian ini juga menawarkan hiburan lain yang menarik. Ada perahu dayung, ATV, flying fox, tempat memancing, dan lokasi mancakrida untuk dewasa dan anak-anak. Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp15.000 dan buka dari pukul 08.00-17.00.
34. Candi Singasari
Salah satu bangunan candi paling ikonis di Malang adalah Candi Singasari yang merupakan peninggalan Raja Kertanegara. Candi yang berdiri megah di Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang ini sebenarnya belum jadi. Selain itu, bangunannya tidak lengkap karena ada tiga arca yang dibawa ke Belanda saat negeri ini masih dijajah.
Yang unik dari Candi Singasari adalah kepala kala yang berada di pintu masuk. Kepala kala ini menampilkan dua jari sebagai tanda kalau kerajaan ini memiliki dua agama yaitu Siwa Buddha (campuran agama Hindu dan Buddha). Selain itu, candi ini juga menjadi tanda bahwa kawasan Singasari masih menyimpan sisa peradaban di masa lalu yang belum ditemukan hingga sekarang.
Candi ini buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00. Tidak ada biaya masuk ke lokasi wisata, tetapi pengunjung bisa memberikan donasi untuk perawatan taman dan juga fasilitas yang telah disediakan pengelola.
35. Arung Jeram Kaliwatu
Selain melakukan tubing menggunakan ban, wisatawan yang datang ke kawasan Batu tepatnya di Pandan Rejo, Bumi Aji bisa mencoba sensasi arung jeram. Dengan biaya Rp180.000 per orang, wisatawan bisa mendapatkan pelatihan arung jeram, pemandu, dan juga peralatan keamanan. Perjalanan mengarungi sungai pun tidak hanya seru dan menyenangkan, tetapi juga lebih aman.
Satu kali perjalanan arung jeram biasanya menempuh jarak 7 kilometer. Wisatawan yang ikut dalam perjalanan ini bisa mendapatkan pengalaman menguras adrenalin dengan melewati berbagai jeram. Setelah mengarungi sungai yang dikelilingi pemandangan indah, wisatawan bisa beristirahat dan menikmati makanan dan minuman yang sudah termasuk dalam paket wisata.
Untuk mencapai lokasi, wisatawan bisa datang ke kawasan Bumi Aji tempat base camppengelola rafting. Sebelum datang, diharapkan untuk melakukan reservasi agar berbagai peralatan bisa segera disiapkan.
36. Coban Jahe
Malang masih menyimpan banyak keindahan air yang tersembunyi dan masih alami. Kali ini ada Coban Jahe yang terletak di kawasan Pandansari Lor, Jabung, Kabupaten Malang. Untuk sampai ke sini dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Malang dengan jalur yang cukup mulus karena nyaris semuanya sudah beraspal.
Coban Jahe menawarkan pemandangan air terjun yang tampak putih dari kejauhan. Salin itu, kawasan kiri kanan air terjun juga masih alami dan tebingnya indah untuk diabadikan dalam kamera. Di bawah air terjun terdapat sungai yang jernih dan cocok untuk mandi ataupun berendam.
Tiket masuk ke kawasan ini hanya Rp5.000 saja per orang dan parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jam operasional dari pagi hingga sore saat akses ke lokasi sudah gelap sehingga pengelola melarang pengunjung untuk masuk.
37. Pasar Apung Nusantara
Pasar Apung Nusantara memiliki konsep yang sama dengan Floating Market di Lembang, Bandung. Bedanya, pengunjung yang datang ke sini tidak dipungut biaya meski masih satu lokasi dengan Museum Angkut. Wisatawan pun bisa menikmati keseruan berbelanja dengan menaiki perahu dan mengelilingi sungai buatan.
Untuk menaiki perahu, pengunjung diwajibkan membayar sekitar Rp10.000 saja. Selebihnya, mereka diperkenankan untuk berbelanja aneka masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Kawasan ini juga memiliki lokasi oleh-oleh yang menjual aneka makanan, baju, hingga benda kerajinan. Pasar Apung Nusantara buka dari siang hingga malam atau jam operasional sama dengan Museum Angkut dari pukul 12.00-20.00.
37 Tempat Wisata Di Malang Yang Sangat Menarik 3.5 Annisa Andriani 37 Tempat Wisata Di Malang Yang Sangat Menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar