10 kuliner khas Banda Aceh | Jejak Kuliner Unik dan Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com 10 kuliner khas Banda Aceh - Jejak Kuliner Unik dan Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com

Jejak Kuliner Unik dan Wisata Indonesia | @ Idoreg.Com

Jejak Kuliner dan Wisata Indonesia

Breaking

Rabu, 17 Oktober 2018

10 kuliner khas Banda Aceh

JEJAK KULINER Dan WISATA




Sebagai ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh memang tak pernah sepi. Apalagi Banda Aceh menjadi pusat ekonomi, politik, sosial, dan budaya Povinsi Aceh. Wisata Banda Aceh juga lengkap, ada wisata alam, sejarah, hingga wisata kota. Tak heran Banda Aceh makin diminati sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Sumatera Utara. 
Agar perjalanan selama di Banda Aceh makin sempurna, cobalah cicipi 10 kuliner khas Banda Aceh ini saat berada di sana dan manambah catatan jejak kuliner mu ...
1.Keumamah atau Ikan Kayu






Keumamah Tumeh
Keumamah Tumeh

Masakan tradisional Aceh ini berbahan dasar ikan tongkol. Ikan direbus, lalu dijemur hingga kering. Setelah kering, ikan diiris tipis-tipis untuk mendapatkan tekstur yang renyah. Ada dua jenis Keumamah, yaitu Keumamah Leumak dan Keumamah Tumeh. Keumamah Leumak dimasak dengan cabai kecil, asam sunti, jahe, bawang putih dan kunyit. Semua bumbu ini dihaluskan dan dilumuri pada ikan kayu. Proses selanjutnya adalah dimasak dengan santan. Taburi garam dan bubuk ketumbar secukupnya. Jika suka, bisa diceplokkan telur bebek saat kuah mulai mendidih. Kelezatannya jangan ditanya. Rasanya gurih, sedikit asam dan pedas. Sebagai teman makan nasi panas, Keumamah akan membuat kamu ketagihan.
Keumamah Tumeh alias tumis lain lagi. Bumbunya sama saja dengan Keumamah Leumak, tapi tanpa santan dan ditambah tomat yang dihaluskan. Selain rasanya yang nikmat, Keumamah Tumeh juga memiliki aroma yang sangat menggoda. Makanan ini sering dijadikan lauk nasi.
Untuk mencicipi Keumamah, kamu bisa mampir ke Rumah Makan khas Aceh Rayeuk Berkat Rasa di Jalan Muhammad Hasan, Banda Aceh.

2. Ayam Tangkap

kuliner banda aceh
Ayam tangkap. Foto oleh anakjajan
Seperti namanya, Ayam Tangkap adalah kuliner yang berbahan dasar ayam. Ayam ini lalu dibumbui dengan bermacam rempah seperti daun temurui, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Daun temuruinya biasanya disajikan dalam jumlah banyak sehingga terlihat seperti ayam yang tertangkap. Ini alasan mengapa ayam ini diberi nama Ayam Tangkap.
Ayam Tangkap bisanya disajikan dengan bumbu kecap dan nasi yang masih hangat dengan ukuran satu ayam utuh. Harga per paketnya bisanya dibanderol seharga Rp 60 ribu per ekor. Bisa dinikmati oleh 4-5 orang.
Kita bisa menikmati Ayam Tangkap ini di RM Aceh Rayeuk, RM Cut Dek dan RM Hasan.

3. Mie Aceh

kuliner banda aceh
Mie Aceh memang wajib dicicipi saat ke Banda Aceh. Foto oleh @mieaceh_stasiuncikini
Nama kuliner Banda Aceh satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga karena di berbagai daerah banyak yang menjualnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memilih Sekolah Penerbangan Secara Tepat

Mie Aceh di kota asalnya disajikan dengan irisan daging dan seafood yang digoreng bersama dengan mie  yang ukurannya cukup besar dan tebal dan bumbu yang beragam. Wisatawan dapat merasakan kuliner ini di RM Mie Razali di Peunayong.
Meskipun kita sudah pernah mencicipi Mie Aceh di daerah lain tapi janganlah lupa mencicipi kuliner Mie Aceh langsung di Banda Aceh.

4. Kuah Beulangong

kuliner banda aceh
Kuah Beulangong.
Kuah Beulangong bisa diartikan sebagai Kari khas Aceh. Kuliner satu ini merupakan kuliner khas Aceh Besar. Beulangong sendiri merupakan sebuatan warga Aceh untuk menyebut sebuah belangga besar yang digunakan untuk memasak kari ini.
Aroma kuliner ini sangat sedap karena menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang beragam. Yang membedakan kari khas Aceh ini dengan yang lain adalah kuahnya tidak menggunakan santan melainkan menggunakan kelapa yang diparut dan dioseng bersama bumbunya.
Biasanya Beulangong disajikan dengan potongan daging ayam, sapi, atau kambing dan es timun yang segar yang juga dijual di rumah makan yang bisa membantu wisatawan menetralisir kadar kolesterol.

5.Gulai Kambing dan Roti Cane



Gulai Kambing
Roti Cane
Gulai Kambing khas Aceh begitu kaya rasa, dagingnya empuk tanpa bau kambing yang menyengat. Gulai ini memiliki rasa dan aroma rempah-rempah khas Aceh. Berbagai makanan lain seperti nasi, potongan daging kambing bakar dan potongan lombok hijau bisa dijadikan teman makan Gulai Aceh. Selain itu, bisa juga dimakan dengan Roti Cane.
Roti Cane merupakan modifikasi makanan India yang terbuat dari adonan tepung, mentega dan gula, lalu digoreng tipis dan renyah. Citarasanya gurih, sedikit manis. Roti Cane paling enak disantap bersama kari kambing pedas atau gulai kambing. Masakan yang satu ini bisa kamu temukan di berbagai sudut kota Banda Aceh.

6. Kuwah Pliek U

kuliner banda aceh
Kuwah Pliek U. 
Kuwah Pliek U merupakan kuliner yang memiliki visual mirip dengan gulai. Bedanya, gulai khas Aceh ini dilengkap dengan daun dan buah mlinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun singkong, daun pepaya, dan daun kecombrang. Kadang bahkan diberi chu atau sejenis siput sungai.
Kuliner ini dulunya adalah kuliner kerajaan di Aceh tapi kini sudah menyebar menjadi kuliner yang bisa dinikmati oleh siapapun.
Biasanya kuliner ini disajikan saat ada acara besar seperti hajatan.

7. Ikan Kayu

kuliner banda aceh
Ikan Kayu di Aceh biasanya diawetkan dan di bawa oleh-oleh wisatawan. 
Ikan Kayu merupakan kuliner yang sudah cukup lama menjadi makanan yang dinikmati oleh masyarakat Aceh. Kuliner ini disebut ‘eungkot keumamah’ dalam bahasa Aceh. Biasanya disajikan bersama gulai khas Aceh.
Ikan ini harganya terjangkau dan bisa menjadi buah tangan untuk keluarga di rumah karena harganya terjangkau dan tahan lama hingga setahun. Kuliner ini bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Aceh.

8. Kue Bhoi

kuliner banda
Kue nya lembut dan lezat menjadi teman ngopi. Foto oleh akucintamakan
Satu lagi kuliner yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk sahabat atau keluarga di rumah usai traveling ke Aceh adalah Kue Bhoi. Kue ini merupakan kuliner tradisional Aceh yang memiliki berbagai bentuk lucu seperti bunga, binatang, ikan dan bentuk lainnya.
Selain Kue Bhoi, sebenarnya kita juga bisa membeli oleh-oleh atau kuliner Banda Aceh lainnya seperti pisang sale, manisan pala, atau pun meuseukat. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

9. Sate Matang

kuliner banda aceh
Sate Matang ini disajikan dengan kuah, rasanya nikmat. Foto oleh deanyu15_071002
Sate Matang adalah kuliner Banda Aceh yang banyak diburu oleh wisatawan.
Sate Matang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Minuman yang cocok menjadi teman makan sate matang ini adalah Kopi Susu khas Aceh sambil nongkrong.
Sate ini dijual di kedai Sate Matang Dek Wan di Jalan Teungku Imum Lungbata. Wisatawan dapat merasakan kuliner unik dan lezat ini hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 25 ribu.

10.Kopi Sanger


Kopi Aceh memang terkenal enak. Tapi apakah kamu pernah dengar Kopi Sanger? Jika belum, maka kamu perlu mencicipi “cappuccino” dari Aceh ini . Kopi Sanger dibuat dari campuran kopi hitam dari biji kopi robusta ataupun arabika dengan susu kental manis yang dicampur gula. Kopi ini lalu dikocok hingga berbuih. Untuk mendapatkan Kopi Sanger yang mantap, campuran susu dan gulanya harus betul-betul dikuasai oleh peraciknya. Rasanya creamy, dengan citarasa khas kopi Aceh yang legit. Kopi Sanger bisa kamu nikmati di berbagai warung kopi yang tersebar di Banda Aceh.
Demikian ulasan 10 kuliner khas Banda Aceh jejak kuliner unik yang jika berada di Banda Aceh semoga bermanfaat.

10 kuliner khas Banda Aceh 3.5 Annisa Andriani 10 kuliner khas Banda Aceh

Tidak ada komentar: