Durian Sawang Dari Aceh Utara | Jejak Kuliner Durian Sawang Dari Aceh Utara - Jejak Kuliner

Jejak Kuliner dan Wisata

Breaking

Kamis, 09 November 2017

Durian Sawang Dari Aceh Utara

KULINER Dan WISATA

Durian Sawang Dari Aceh Utara

ACEH UTARA- 
Sawang merupakan salah satu kecamatan pedalaman yang ada di Kabupaten Aceh utara, provinsi paling ujung pulau sumatera. Kecamatan yang satu ini selain dikenal dengan batu koral, batu cincin dan Bendungan Krueng Sawang juga terkenal dengan boh drien (buah durian) yang rasanya paling yahud.

Buah durian Sawang dengan aromanya saja sudah menggugah selera sehingga buah berduri ini salah satu yang paling diminati masyarakat Aceh. Meskipun buah dengan bahasa latin Durio zibethinus harganya cukup membuat kantong robek, perbuahnya dihargai Rp10.000-Rp.50.000 tergantung besar ukurannya.





Herman, pedagang durian musiman
"That mangat bit boh drien inoe di Sawang, beda ju ngoen boh drien daerah lain (Beda sekali buah durian di Sawang ini, sangat beda dengan buah durian di daerah lain)," kata Rohmat, salah satu pengunjung yang hendak mencari durian darian asal Pidie Jaya.

Asal-usul Buah Boh Drien (Durian)

Durian merupakan salah satu tanaman asli Asia Tenggara yang beriklim tropis basah seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Buah durian dalam bahasa Aceh disebut boh drien adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan.

Nama ini diambil dari ciri khas kulitnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah"(king of fruit). Buah ini termasuk buah yang kontroversial meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun demikian, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus.

Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus

durian sawang enak
Buah Durian di Kebun Warga Gampong Sawang
Terdapat banyak nama lokal dari buah durian di daerah. Nama terbanyak ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda.

Durian di Aceh dikenal Boh Drin, di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo).

Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa disebut sebagai Doriang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen.
Bagi penggemar durian, agar tidak menimbulkan hal-hal tak menyenangkan dengan orang yang tak menyukai bau durian, dipercaya ada sebuah cara yang mudah untuk menghilangkan bau durian di jari-jari tangan dan mulut.

Jari tangan dibersihkan dengan mengaduk-aduk air di dalam pangsa durian (yakni ceruk kulit buah bagian dalam, bekas tempat daging dan biji durian menempel) dan air adukan tersebut tidak dibuang, tetapi digunakan untuk berkumur, hal itu dinilai efektif.

 

 Tips memilih buah durian yang sudah matang dan manis

Buah durian memang baunya dengan sangat khas, begitu menyengat. Ada lovers-nya namun ada juga haters-nya alias ada yang tergila-gila saking sukanya dan ada juga yang anti sama sekali tidak doyan makan buah durian.

durian sawang
Pembeli durian di Gampong Sawang


















Ada beberapa cara memilih durian yang matang, manis dan bagus
1. Perhatikan aromanya
2. Lihat tangkainya
3. cek bunyinya
4. pilih yang ringan
5. durinya jarang-jarang


Walaupun rasanya membuat lidah bergoyang tidak afdhol rasanya sebelum datang ke kecamatan sawang menikmati langsung di bawah pohonnya dengan menikmati pemandangan alam yang masih alami dibarengi dengan cuaca yang sejuk dan sehat.

Jejak Kuliner
Durian Sawang Dari Aceh Utara 3.5 Annisa Andriani Durian Sawang Dari Aceh Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar